Materi 4. Permintaan dan Penawaran
A.
Pengertian Permintaan
Permintaan adalah
sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk dibeli atau dimiliki pada
berbagai tingkat
harga yang berlaku di pasar dan waktu tertentu.
Contoh:
Seorang siswa SMU
Terbuka membutuhkan buku tulis, yang berasal dari uang saku yang dikumpulkan.
Di toko buku siswa tersebut mengadakan tawar-menawar dan disepakati harga
sebuah buku Rp.2.500,00 dengan isi 40 lembar. Sesuai dengan kemampuannya, maka
siswa tersebut membeli 4 buah buku tulis. Contoh tersebut di atas adalah contoh permintaan
perseorangan. Jika dalam satu sekolah buku tersebut pada harga Rp.2.500,00,
jumlah pembeli 100 orang dengan jumlah yang dibeli 500 buah, merupakan contoh
permintaan pasar.
Permintaan dapat
dibagi menjadi 2 (dua) macam:
1. Permintaan absolut (absolut
demand).Permintaan absolut adalah seluruh permintaan
terhadap barang dan
jasa baik yang bertenaga beli/berkemampuan membeli, maupun yang
tidak bertenaga beli.
2. Permintaan efektif (effective demand)Permintaan
efektif adalah permintaan terhadap
barang dan jasa yang
disertai kemampuan membeli.
B. Hukum Permintaan
Hukum permintaan
tidak berlaku mutlak, tetapi bersifat tidak mutlak dan dalam keadaan cateris
paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap). Hukum permintaan “apabila harga mengalami penurunan, maka jumlah
permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga mengalami
kenaikan, maka jumlah permintaan akan turun/berkurang”.
Hukum permintaan
berbanding terbalik dengan harga.
Contoh:
Jika harga kendaraan
turun dari mahal ke murah, jumlah yang membeli semakin banyak dan
sebaliknya jika harga
kendaraan naik dari murah ke mahal, maka jumlah yang membeli semakin sedikit.
C. Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Permintaan
1. Harga barang itu sendiri
Naik atau turunnya
harga barang/jasa akan mempengaruhi banyak/sedikitnya terhadap
jumlah barang ya
Pendapatan masyarakat
Pendapatan masyarakat
mencerminkan daya beli masyarakat. Tinggi/rendahnya
pendapatan masyarakat
akan mempengaruhi kualitas maupun kuantitas permintaan. ng
diminta
2. Intensitas kebutuhan
Mendesak/tidaknya
atau penting tidaknya kebutuhan seseorang terhadap barang/ jasa,
mempengaruhi jumlah
permintaan. Kebutuhan primer, lebih penting dibanding kebutuhan
sekunder. Kebutuhan
sekunder lebih penting dibanding tertier, sehingga pengaruhnya
terhadap jumlah
permintaan berbeda.
3. Distribusi Pendapatan
Makin merata
pendapatan, maka jumlah permintaan semakin meningkat, sebaliknya
pendapatan yang hanya
diterima/dinikmati oleh kelompok tertentu, maka secara
keseluruhan jumlah
permintaan akan turun
4. Pertambahan penduduk
Jumlah penduduk akan
mempengaruhi jumlah permintaan. Makin banyak penduduk, maka
jumlah permintaan
akan meningkat.
5. Selera (Taste)
6. Perkembangan mode, pendidikan, lingkungan
akan mempengaruhi selera masyarakat, yang akan mempunyai pengaruh terhadap
jumlah permintaan.
7. Barang pengganti (substitusi)
Adanya barang
pengganti akan berpengaruh terhadap jumlah permintaan. Pada saat harga
barang naik, jika ada
barang pengganti maka jumlah permintaan akan dipengaruhinya
Contoh:
Pada saat harga beras
naik sangat tinggi, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih
membeli jagung
sebagai pengganti beras.
D. Kurva Permintaan
Kurva ini
menggambarkan hubungan fungsional antara harga dan jumlah barang yang diminta.
Kurva ini menurun
dari kiri atas ke kanan bawah yang berarti bahwa makin rendah harga (P),
makin banyak jumlah
yang diminta (Q). Mengapa demikian, karena
Orang yang mula-mula
tak mampu membeli, dengan harga turun maka menjadi mampu
membeli atau dari
pembeli potensiil menjadi pembeli riil.
Orang yang tadinya
membeli barang lain karena tingkat kemampuannya, sekarang menjadi
membeli karena mampu.
Berdasarkan
keterangan tersebut di atas dapat dibuat kurva yang menunjukkan jumlah barang
yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga sebagai berikut
Post test
Dari contoh di atas,
kerjakan latihan berikut dalam bentuk kurva permintaan!
E. Pergeseran Kurva Permintaan
Kurva permintaan
digambarkan dengan anggapan cateris paribus, masih ingatkan, apa artinya?
Jika faktor-faktor
lain berubah, maka kurva permintaan juga akan mengalami
perubahan/pergeseran.
Kurva permintaan
dapat berubah karena:
Perubahan Harga
Perubahan harga
mengakibatkan perubahan permintaan, yaitu:
a. Jika harga naik,
maka jumlah permintaan akan berkurang. Kurva akan bergeser ke kiri.
b. Jika harga turun,
maka jumlah permintaan akan naik. Kurva akan bergeser ke kanan.
Contoh 1:
Pada saat harga
Rp.30,00 jumlah permintaan 50 unit. Harga naik menjadi Rp.40,00 jumlah
permintaan turun
menjadi 30 unit. Pada saat harga turun menjadi Rp.20,00, maka permintaan
meningkat menjadi 70 unit.
Pergeseran kurva
permintaan akibat dari perubahan harga.
A. Pengertian
Penawaran
Penawaran adalah
sejumlah barang dan jasa yang disediakan untuk dijual pada berbagai tingkat
harga pada waktu dan tempat tertentu.
Jumlahnya penawaran
sebagai akibat adanya permintaan dan sebaliknya, sehingga antara
penawaran dan permintaan
tidak dapat dipisahkan.
Apabila harga naik,
maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan meningkat/bertambah. Jika harga
barang/jasa turun,
maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang/ turun.
B. Hukum penawaran
berbanding lurus dengan harga barang.Hukum ini juga tidak berlaku
mutlak cateris
paribus. Dengan demikian terjadi perbedaan antara hukum penawaran dengan ukum
permintaan.
Coba bedakan di
antara keduanya!
C. Faktor-faktor yang
Mempengaruhi jumlah yang Ditawarkan
1. Seperti permintaan, penawaran juga
dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu:
2. Biaya produksi (input)
3. Tinggi/rendahnya biaya produksi akan
mempengaruhi harga jual yang pada akhirnya akan
mempengaruhi jumlah
yang ditawarkan.
4. Harapan keuntungan
5. Tingkat keuntungan produsen, besar kecilnya
laba akan menentukan harga jual.
Keuntungan yang besar
akan diperoleh jika harga barang murah,
sehingga jumlah
penawaran meningkat,
yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan
6. Kebutuhan akan uang tunai
7. Mendesak atau tidaknya kebutuhan uang tunai
bagi perusahaan akan berpengaruh kepada
harga jual yang
akhirnya berpengaruh pada jumlah penawaran barang/jasa
8. Harapan harga masa yang akan dating
9. Bagi produsen yang mampu menahan barang untuk
dijual pada saat harga dianggap lebih
menguntungkan,
produsen akan menahan barang, sehingga mempengaruhi jumlah
penawaran
D. Kurva Penawaran
Kurva penawaran
adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat harga dengan
jumlah barang/jasa
yang ditawarkan.
Kurva penawaran
bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang
tinggi, para penjual/produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak. Agar
lebih
jelas, ikuti contoh
berikut dengan seksama.
Post test
Setelah Anda mengerti
perbedaan antara kurva permintaan dan kurva penawaran, cobalah
selesaikan data
berikut menjadi kurva penawaran dan kurva permintaan.
0 komentar:
Posting Komentar